Skip to main content

Sekelumit Info tentang Copa America 2019 Brazil


Mulai 15 Juni nanti, Conmebol atau federasi sepakbola untuk Amerika Selatan akan mementaskan agenda gelaran Copa America yang akan diselenggarakan di negara Brazil. 10 timnas sepakbola anggota federasi Conmebol plus 2 timnas undangan dari Asia yaitu Qatar dan Jepang akan saling beradu skill bermain bola dan menyabet gelar raja sepakbola Amerika Latin.

Piala Copa America 2019
Pic Source: Scoopnest


Copa America Minus Timnas Meksiko

Untuk gelaran Copa America kali ini, pertama kalinya timnas Meksiko absen sejak selalu menjadi tamu undangan dari tahun 1993. Mungkin panitianya ingin ganti suasana kali ya. Atau kuota undangan memang sedang dialokasikan untuk negara Asia dulu. 

Just kidding kok. Meksiko menyatakan berhalangan untuk turut berpartisipasi dalam gelaran Copa America kali ini dikarenakan jadwalnya berbentrokan dengan agenda gelaran Piala Emas Concacaf yang merupakan mandatory fight buat Meksiko. Well, yang pasti dengan atau tanpa Meksiko gelaran Copa America masih akan menarik untuk ditonton.

Timnas Mexico Absen Copa America 2019
Pic Source: WorldSoccer


Belum Ada Kepastian Siaran Langsung di TV Lokal

Hanya saja untuk pecinta bola di Indonesia mungkin kali ini tidak bisa mendapatkan siaran langsung Copa America 2019 ini dari TV swasta lokal macam RCTI, SCTV, Indosiar, dan juga Jogja TV. Belum ada kepastian stasiun TV mana yang punya dana dan slot untuk menyiarkan pesta sepakbola Amerika Latin ini. 

Apa mungkin tidak ada stasiun TV dari negeri kita yang nge-bid untuk mendapatkan jatah hak siar gelaran pesta sepakbola Amerika Latin ini ya? Dengan jadwal kick off yang sudah semakin dekat, kecil kemungkinan untuk pihak stasiun TV mengumumkan akan menyiarkan laga Copa America 2019 ini. 

Hak Siar Copa America 2019
Pic Source: VideoBlocks

Yah, memang pada gelaran-gelaran Copa America yang sebelumnya kita masih bisa menatap jagoan-jagoan bola Amerika Latin dari layar kaca TV. Tapi, mungkin untuk kali ini kita akan berganti menatap layar monitor PC atau laptop kita secara Live Streaming untuk bisa menikmati tayangan laga-laga seru ajang Copa America 2019 ini.

Tapi, tetap saja masih ada harapan walaupun cuma secuil upil kecoa buat para pecinta bola supaya bisa menyaksikan tayangan laga pesta sepakbola Amerika Latin ini via stasiun TV swasta lokal. Ingat tapi lho ya, tidak perlu mengirim surel atau mention medsos semua stasiun TV mengancam supaya gelaran Copa America ditayangkan segera. Just wait and see. Kalau ditayangkan, ya syukur, kalau tidak ya tidak apa-apa.

Pembagian Grup

Ok, sudah cukup kita ngomongin hak siar. Saatnya move on ke pembagian grup. Seperti biasa, ada 3 grup dalam kompetisi sepakbola regional Amerika Selatan ini dengan masing-masing grup berisi 4 tim. Untuk edisi 2019 ini, berikut pembagian grupnya:

Grup A berisikan timnas Brazil, Peru, Bolivia, dan Venezuela
Grup B diisi timnas Argentina, Qatar, Kolombia, dan Paraguay
Grup C merupakan slot untuk timnas Jepang, Cile, Uruguay, dan Ekuador

Dengan komposisi grup yang seperti ini, cukup menarik timnas mana yang bisa lolos dari penyisihan grup dan melenggang jauh menuju tangga juara. Brazil, selaku tuan rumah dan juga langganan unggulan di Copa America masih akan banyak dijagokan para pecinta bola. Mampukah tim Samba menjadi tuan rumah di negeri sendiri kali ini?

Supporter Brazil Copa America 2019
Pic Source: ChinaDailyAsia


Ataukah Cile bisa mempertahankan gelar juara yang telah mereka raih pada gelaran sebelumnya? Meskipun penampilan Cile sudah sedikit menurun dibandingkan pada gelaran sebelumnya, tetapi mereka bisa saja menjadi tim yang membuat kejutan.

Atau apakah sekarang adalah gilirannya Argentina yang akan mengangkat piala? Kita tentu masih penasaran kan, bagaimana apakah Lionel Messi bisa mewujudkan mimpinya mengantarkan Argentina meraih piala sebelum pensiun.

Lionel Messi Copa America 2019
Pic Source: SportBible


Atau apakah gilirannya tim Peru, Kolombia, Uruguay, Ekuador, dan Paraguay yang siap menjadi kuda hitam dalam gelaran Copa edisi 2019 ini? Dan mungkinkah terjadi kejutan dimana tim Venezuela, Bolivia, Jepang, dan Qatar bisa menduplikasi spirit timnas Yunani yang menjadi juara Euro 2004 dimana sedikit sekali yang menjagokan mereka menjadi juara? Kita lihat saja nanti.

Untuk daftar skuad timnas yang berlaga di ajang Copa America 2019 ini, kita lihat di postingan berikutnya ya. Adios!

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Water Break: Ga Sangka, Para Pemain Bola Ini Doyan Musik Cadas Juga Ternyata

Kalian sering lihat kan di TV sebelum pertandingan pas bus klub tiba di stadion dan para pemain turun dari bus sambil memakai headphone. Nah, yang bikin penasaran tuh para pemain bola itu lagi mendengarkan apa sih? Kebanyakan sih ya pemain bola senang mendengarkan musik apalagi yang bergenre rap, hip hop, R&B, pop. Tapi pasti pada ga nyangka kan kalau ada pemain yang punya selera musik lain dari yang lain. Beberapa pemain bola mengaku suka dengan genre musik cadas baik itu rock atau metal. Penasaran siapa saja ya? Yuk kita check it out. Carles Puyol Mantan pilar lini belakang FC Barcelona ini jadi kandidat yang pertama. Beliau ini pernah tercyduk lagi mendengarkan musik-musik cadas pas melakukan warming up. Tahu kira-kira selera band cadasnya Puyol apa? Puyol Selebrasi Ga tanggung-tanggung, ada band Napalm Death yang bergenre grindcore. Kalau lagi latihan dia sering mendengarkan lagu-lagunya band ini dikombinasikan dengan band Canibal Corpse. Pan

Perkiraan Peluang Masuk Liga Champions Untuk Inter Milan, AS Roma, AC Milan, dan Atalanta

Liga Italia Serie A 2018/2019 tinggal menyisakan 5 giornata lagi. Juventus sudah memastikan gelar Scudetto mereka untuk yang ke delapan kali secara beruntun. Yang masih menarik diikuti dari liga ini adalah perlombaan dalam mengambil jatah peluang masuk Liga Champions . Ada 4 klub yang masih belum dipastikan aman dalam menempati posisi zona Liga Champions. Inter, AS Roma, AC Milan, dan Atalanta adalah yang masih mungkin menemani Juventus dan Napoli menembus Liga Champions musim depan.  Di tabel klasemen, Inter punya kans yang lebih baik dalam mengamankan posisi ke Liga Champions. Nerazzurri menempati peringkat ke-3 dengan poin 62 dari 34 pertandingan. Gap 4 angka dari rival terdekatnya, AS Roma mungkin bisa memberikan sedikit kenyamanan untuk klub ini. AS Roma memiliki poin 58 berada di peringkat ke-4 sedangkan 2 klub di belakangnya, AC Milan dan Atalanta, hanya berselisih 2 poin yaitu 56. Tetapi, Milan dan Atalanta masih memiliki tabungan 1 pertandingan karena mereka b

Ode to Heroes: Roberto Carlos

Setelah sekian lama rubrik Ode to Heroes absen dari blog ini, kali ini saya akan mengangkat kembali kisah beberapa pemain bola legendaris yang pernah jaya. Undian sudah dikopyok, dan kali ini yang keluar namanya adalah Roberto Carlos. Selamat bung Carlos, hadiah bisa diambil dan pajak ditanggung sendiri. Ok, back to reality. Ketika mendengar nama pemain bola yang satu ini apa yang akan diingat oleh para pecinta bola? Banyak sekali. Bisa jadi jawabannya gol tendangan bebas yang melengkung indah, Real Madrid, timnas Brazil, pemain yang punya lari kencang, bek kiri terbaik dunia, dan beberapa atribut lain yang melekat pada sosok pemain bola kelahiran 10 April 1973 ini.   Bek Kiri Terbaik Dunia, Roberto Carlos Jagoan Andalan di Game Winning Eleven Saya sendiri teringat akan masa lampau di waktu luang di kala bulan puasa yang selalu diisi dengan bermain game Playstation Winning Eleven dan Roberto Carlos ini yang jadi protagonisnya.  Setiap kali main game di renta