Skip to main content

5 Rekomendasi Film Untuk Yang Doyan Nonton Movie Bertema Sepakbola


Kamu punya hobi nonton movie dan ingin tahu film mana aja yang membahas sepakbola? Well. Kalau gitu kamu punya seabrek pilihan untuk nonton film yang erat hubungannya dengan bola. Sudah banyak juga ternyata movie dengan tema sepakbola yang sudah diproduksi industri film luar dan dalam negeri.

Dari sekian banyak produksi film yang mengangkat cerita bersumber dari olahraga paling populer di dunia ini, kamu bakalan menemukan beberapa film dengan kualitas yang bisa dikatakan memuaskan.
Umpan Jauh akan memberikanmu beberapa rekomendasi film tentang sepakbola yang bisa membuatmu mengetahui beberapa aspek menarik dari sepakbola. Setidaknya ada 5 pilihan film buat kamu. 

Film-film ini ada yang menampilkan biografi pemain legenda, tim sepakbola yang menginspirasi, atau perjalanan karir pemain dengan pemaparan gambaran realita di dunia sepakbola. Yuk langsung saja kita simak daftar film berikut ini.

Escape to Victory (1981)

Mau lihat legenda bola macam Pele, Bobby Moore, dan Osvaldo Ardiles jadi aktor? Nih film bakalan jadi suguhan yang pas buat yang penasaran gimana jadinya para mantan pemain bola tersebut ketika main film. 

Nonton Movie Tema Sepakbola
Skuad Escape to Victory. Hayo Bobby Moore yg mana?


Film ini mengangkat cerita tentang bagaimana sebuah tim sepakbola yang berisi sejumlah tawanan perang dalam suatu kamp militer melawan tim Nazi Jerman. Disutradarai John Huston dan dibintangi oleh aktor sekaliber Sylvester Stallone dan Michael Caine, film ini laris manis di masanya.

Konon, film ini mendapat inspirasi dari film Hungaria produksi tahun 1962 yang berjudul “Two Half Times in Hell” besutan Zoltan Fabri. Dalam produksi film Escape to Victory ini, sutradara John Huston juga mengambil sejumlah anggota skuad klub Ipswich Town untuk berakting. Pada periode awal 80an, klub asal Inggris tersebut sedang dalam masa jayanya.

Goal! (2005)

Kalau untuk film yang satu ini mungkin sudah banyak yang nonton. Mengisahkan perjalanan karir seorang pemain bola fiktif bernama Santiago Munez asal Meksiko dengan pemaparan realita dalam dunia sepakbola, film ini mendapat perhatian banyak kalangan.

Nonton Movie Goal!
Santiago Munez, Rising Star di Goal!


Dibuat dalam konsep trilogi, film Goal! arahan sutradara Danny Cannon ini memberikan tontonan yang cukup pas untuk bola lovers. Kuno Becker sanggup memerankan karakter Santiago Munez dengan akting yang pas. 

Didukung dengan jajaran cameo seabrek pemain bola yang sedang dalam masa jaya, film ini mendapatkan predikat film yang cukup memuaskan bola lovers. Bahkan menurut Wikipedia, pada tahun 2018 kemarin Sport Bible memilih film Goal! ini sebagai salah satu film bola terbaik sepanjang masa.

Cahaya Dari Timur: Beta Maluku (2014)

Dari dalam negeri, film ini menjadi pilihan terbaik untuk film yang membahas tentang sepakbola. Film yang terinspirasi dari kesuksesan tim sepakbola Maluku U-15 saat menjuarai Piala Medco tahun 2006 ini pantas jadi saksi bagaimana perjuangan membangun sebuah tim bola yang kuat.

Nonton Movie Cahaya Dari Timur
Film bertema Sepakbola dari Tanah Air


Chicco Jerico mendapat peran utama dalam film ini sebagai Coach Sani Tawainella. Nah, coach ini adalah tokoh nyata yang dulunya seorang pemain bola junior yang sempat masuk seleksi untuk tim PSSI Baretti. Dengan arahan sutradara Angga Dwimas Sasongko dan akting berkualitas dari Chicco, film ini masuk nominasi dalam beberapa ajang penghargaan film di Indonesia.

Dari perspektif seorang Sani Tawainella, kita benar-benar melihat suatu pemaparan realita di sepakbola tanah air bagaimana susahnya membuat suatu tim bola yang kuat dan kompak. Buat yang pengen nonton movie yang cukup mendekati kenyataan dalam sepakbola di negeri kita Indonesia, film ini masuk rekomendasi yang teratas.

Pele: The Birth of a Legend (2016)

Kali ini film biopic yang masuk dalam daftar. Legenda bola dunia, Pele yang mendapat jatah untuk dibuatkan film. Dalam Pele: The Birth of a Legend, kita bakalan diberikan suguhan bagaimana kondisi Pele sebelum terkenal. 

Nonton Movie Pele Birth of Legend
Tendangan Salto Trademarknya Pele


Berbekal arahan sutradara Jeff Zimbalist dan Michael Zimbalist, kita akan menelusuri perjalanan Pele di masa awal karir sepakbolanya hingga ke Piala Dunia 1958 yang sukses dimenangkan oleh timnas Brazil. Kevin de Paula didapuk untuk memerankan Pele di masa muda sedangkan Leonardo Lima Carvalho yang berperan sebagai Pele kecil. 

Didukung sejumlah cast yang menawan macam Vincent D’Onofrio, Seu Jorge, dan Rodrigo Santoro kita akan melihat suatu tontonan mengesankan tentang bagaimana kisah legenda Pele bermula. 

The Keeper (2019)

Yang terakhir dan yang paling gres datang dari proyek film Jerman-Inggris. Mengangkat kisah seorang legenda Manchester City asal Jerman, Bert Trautmann yang terkenal akan aksi heroiknya saat bermain menjaga gawang The Citizens di Final Piala FA tahun 1956 dengan kondisi patah leher.

Nonton Movie The Keeper 2019
Biopic Bert Trautmann, Kiper Legenda City


Film ini punya 2 judul. Untuk yang beredar di Jerman, film ini diberi judul Trautmann sedangkan untuk yang beredar di Inggris Raya, film ini bertajuk The Keeper. Sosok Bert Trautmann ini memang merupakan sosok yang dipandang kontroversial oleh publik Inggris sana pada masanya. 

Trautmann adalah sosok tawanan perang yang sukses berkarir di dunia sepakbola. Dikisahkan dalam film, Trautmann ini adalah seorang anggota militer Jerman yang tertangkap di suatu wilayah Inggris dan kemudian dijadikan tawanan perang dalam suatu kamp.

Perjuangan Bert Trautmann dalam menghadapi sentimen negatif dari rekan setimnya, supporter klub, dan masyarakat karena identitasnya yang seorang mantan prajurit Jerman patut menjadi suguhan buat kalian yang ingin belajar dari sosok kiper legendaris ini.  

Diperankan dengan apik oleh David Kross sebagai Bert Trautmann dan arahan yang mantap dari sutradara Marcus H. Rosenmuller, film ini bolehlah masuk referensi sebagai film bertema sepakbola yang menginspirasi. 

Film yang baru saja tayang di Inggris pada 5 April 2019 ini boleh jadi pilihan yang pas untuk melihat sepenggalan kehidupan kiper yang punya ritual khusus menyentuh tiang gawang ini. Kalau kalian penasaran pengen nonton movie ini, bisa kalian lihat secuplik film tersebut dari trailernya di bawah.

Comments

  1. Wah, dah nonton semua kecuali Cahaya Dari Timur sama film baru, The Keeper. Btw nambahin satu, The Damned United, Cerita manajer legendaris Brian Clough waktu nanganin Leeds United cuma 44 hari. Yang seru abis itu nonton film dokumenter bola "I Believe in Miracles" yang nyeritain era suksesnya Clough di Nottingham Forrest dari promosi sampai juara Champions League 2 kali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. The Damned United pernah denger, tapi belum sempat nonton. Kalau I Believe in Miracles blas belum pernah tahu. Thanks gan dah dikasih tambahan rekomendasi film bola dr agan Blog Rumahan.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Water Break: Ga Sangka, Para Pemain Bola Ini Doyan Musik Cadas Juga Ternyata

Kalian sering lihat kan di TV sebelum pertandingan pas bus klub tiba di stadion dan para pemain turun dari bus sambil memakai headphone. Nah, yang bikin penasaran tuh para pemain bola itu lagi mendengarkan apa sih? Kebanyakan sih ya pemain bola senang mendengarkan musik apalagi yang bergenre rap, hip hop, R&B, pop. Tapi pasti pada ga nyangka kan kalau ada pemain yang punya selera musik lain dari yang lain. Beberapa pemain bola mengaku suka dengan genre musik cadas baik itu rock atau metal. Penasaran siapa saja ya? Yuk kita check it out. Carles Puyol Mantan pilar lini belakang FC Barcelona ini jadi kandidat yang pertama. Beliau ini pernah tercyduk lagi mendengarkan musik-musik cadas pas melakukan warming up. Tahu kira-kira selera band cadasnya Puyol apa? Puyol Selebrasi Ga tanggung-tanggung, ada band Napalm Death yang bergenre grindcore. Kalau lagi latihan dia sering mendengarkan lagu-lagunya band ini dikombinasikan dengan band Canibal Corpse. Pan

Perkiraan Peluang Masuk Liga Champions Untuk Inter Milan, AS Roma, AC Milan, dan Atalanta

Liga Italia Serie A 2018/2019 tinggal menyisakan 5 giornata lagi. Juventus sudah memastikan gelar Scudetto mereka untuk yang ke delapan kali secara beruntun. Yang masih menarik diikuti dari liga ini adalah perlombaan dalam mengambil jatah peluang masuk Liga Champions . Ada 4 klub yang masih belum dipastikan aman dalam menempati posisi zona Liga Champions. Inter, AS Roma, AC Milan, dan Atalanta adalah yang masih mungkin menemani Juventus dan Napoli menembus Liga Champions musim depan.  Di tabel klasemen, Inter punya kans yang lebih baik dalam mengamankan posisi ke Liga Champions. Nerazzurri menempati peringkat ke-3 dengan poin 62 dari 34 pertandingan. Gap 4 angka dari rival terdekatnya, AS Roma mungkin bisa memberikan sedikit kenyamanan untuk klub ini. AS Roma memiliki poin 58 berada di peringkat ke-4 sedangkan 2 klub di belakangnya, AC Milan dan Atalanta, hanya berselisih 2 poin yaitu 56. Tetapi, Milan dan Atalanta masih memiliki tabungan 1 pertandingan karena mereka b

Ode to Heroes: Roberto Carlos

Setelah sekian lama rubrik Ode to Heroes absen dari blog ini, kali ini saya akan mengangkat kembali kisah beberapa pemain bola legendaris yang pernah jaya. Undian sudah dikopyok, dan kali ini yang keluar namanya adalah Roberto Carlos. Selamat bung Carlos, hadiah bisa diambil dan pajak ditanggung sendiri. Ok, back to reality. Ketika mendengar nama pemain bola yang satu ini apa yang akan diingat oleh para pecinta bola? Banyak sekali. Bisa jadi jawabannya gol tendangan bebas yang melengkung indah, Real Madrid, timnas Brazil, pemain yang punya lari kencang, bek kiri terbaik dunia, dan beberapa atribut lain yang melekat pada sosok pemain bola kelahiran 10 April 1973 ini.   Bek Kiri Terbaik Dunia, Roberto Carlos Jagoan Andalan di Game Winning Eleven Saya sendiri teringat akan masa lampau di waktu luang di kala bulan puasa yang selalu diisi dengan bermain game Playstation Winning Eleven dan Roberto Carlos ini yang jadi protagonisnya.  Setiap kali main game di renta